Berbagai Kejahatan di masa orde baru sampai sekarang


Tiga puluh dua tahun lebih rezim Orde Baru ( Soeharto sebagai personifikasi Orde Baru, serta Militer dan Golkar sebagai manifestasi ORBA, dan berbagai kroni di ekonomi maupun di birokrasi) berkuasa. selama itu pula berbagai tidak kejahatan dan pelanggaran HAM dilakukan guna mempertahankan kekuasaan,dan menumpuk harta kekayaan

I. Beberapa Kasus Pembantaian Rakyat


Berbagai kasus lain sampai saat ini diperkirakan sekitar 200 kasus pembunuhan/pembantaian yang dilakukan oleh Orde Barudengan berbagai motif. total perkiraan korban mencapai tidak kurang dari 1.000.000 jiwa (meninggal). dengan demikian maka selama 32 tahun Orde Baru berkuasa tidak kurang dari 4. 000.000 jiwa rakyat telah menjadi korban. bahkan sejarawan Ong Hok Giam dalam suatu kesempatan pernah menyampaikan bahwa, jika dibandingkan antara jumlah korban saat kekuasaan kolonial Belanda selama 350 tahun dengan kekuasaan Orde Baru selama 32 tahun maka jumlah korban saat Orde Baru berkuasa jauh lebih besar dibandingkan dengan saat kolonial Belanda menjajah Indonesia.

II. Beberapa Kasus Penggusuran

Kasus penggusuran tanah lainnya masih berjumlah sangat banyak ( sekitar 1.800 kasus yang tercatat ) di berbagai daerahdengan perkiraan korban gusuran tidak kurang dari 3. 000.000 jiwa. motif umum penggusuran ini adalah pengambilan hak tanah rakyat menjadi Pabrik, Pangkalan Militer, Waduk dan sebagainya.








0 komentar:

Posting Komentar

Bandung - Indonesia